Cara Menghilangkan Keputihan Secara Tradisional

Cara Menghilangkan Keputihan Secara Tradisional

Semua wanita di dunia ini pasti mengalami yang namanya keputihan. Keadaan atau kondisi alami ini berfungsi untuk membersihkan serta melindungi area kewanitaan dari infeksi dan iritasi. Ibu-ibu hamil juga bisa mengalami yang namanya keputihan karena ada hubungannya dengan kehamilan.
 Cara Menghilankan Keputihan

Pada saat mengalami keputihan, seorang wanita akan mengeluarkan cairan berupa lendir dari vaginanya. Cairan berupa lendir yang memproduksi kelenjar dalam vagina dan serviks atau yang disebut dengan leher rahim ini akan keluar sambil mebawa sel-sel mati serta bakteri sehingga vagina menjadi tetap bersih.

Ciri-ciri keputihan Normal

Warna, jumlah, serta kekentalan lendir keputiham tergantung pada siklus haid atau menstruasi yang dialami oleh seorang wanita. Contohnya, volume lendir akan lebih banyak pada masa subur atau menyusui.

Lendir yang normal pada umumnya bewarna bening sampai keputih putihan dan tidak memiliki bau. Lendir tersebut juga biasanya tidak disertai dengan rasa gatal atau rasa perih pada area kewanitaan.

Jika Anda mengalami keputihan dengan gejala yang berbeda, sebaiknya Anda lebih waspada. Keputihan abnormal terkadang bisa mengindikasikan adanya penyakit tertentu.

Ciri-ciri keputihan abnormal

Keputihan abnormal memiliki tanda-tanda atau ciri-ciri tertentu, misalnya ada perubahan pada warna dan kekentalan lendir, volume lendir yang berlebihan, memiliki bau yang sangat tajam, pendarahan di luar jadwal menstruasi, serta rasa gatal di sekitar vagina dan nyeri pada perut.

Keputihan yang tidak normal juga sangat jarang terjadi oleh remaja putriyang belum melewati masa pubertas dan wanita yang sudah menopause. Karena itu, segera periksakan diri Anda, anak Anda atau ada anggota keluarga lain ke dokter jika mengalaminya.

Cara Menghilangkan Keputihan Secara Tradisional


Jika Anda mengalami keputihan abnormal tersebut, Anda jangan cemas dulu. Disini saya akan memberikan tips untuk menghilankan keputihan secara tradisional. Serta bahan-bahan yang digunakan juga tidak terlalu sulit didapat. Simak caranya dibawah ini :


1. DAUN SIRIH

Daun ini memang sudah terkenal akan manfaatnya untuk perawatan organ wanita. Daun sirih dapat menhilangkan bakteri pengganggu pada area kewanitaan sehingga terhindar dari masalah keputihan dan lebih harum.
Cara membuat ramuan daun sirih sebagi herbal anti keputihan :

- Pilihlah daun sirih yang masih segar dan bagus secukupnya
- Bersihkan daun sirih dengan air bersih yang mengalir
- Rebus daun sirih yang sudah dicuci tadi dengan air secukupnya sampai mendidih
- Lalu diamkan agar dingin, setelah itu gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk membasuh vagina Anda.
- Lakukan ini sehari satu kali


2. KUNYIT

Pada umumnya kunyit digunakan sebagai bumbu masakan agar lebih beraroma. Tetapi, kunyit juga bisa menjadi bahan herbal atau jamu tradisional. Bagi Anda yang saat ini mengalami keputihan, gunakan saja kunyit untuk mengatasinya. Ini karena kunyit mengandung senyawa sebagai anti bakteri sehingga sangat ampuh basmi bakteri penyebab keputihan pada organ kewanitaan.
Berikut ini cara mengolah kunyit sebagai ramuan untuk mengatasi keputihan :

- Ambil dua buah kunyit, daun beluntas 1 genggaman, dan buah asam satu genggaman serta gula aren 1 potong.
- Rebuslah sampai mendidih semua bahan-bahan tersbut menggunakan air secukupnya.
- Kemudian minumlah ramuan kunyit tersebut sebanyak 1 gelas satu hari.
- Konsumsi setiap hari agar masalah keputihan cepat hilang.

Itulah beberapa ramuan tradisional untuk menghilangkan keputihan secara tradisional yang bisa kamu lakukan di rumah. Sekian artikel yang saya buat, semoga dapat bermanfaat bagi anda khususnya bagi kaum wanita yang beresiko mengalami keputihan.

0 komentar:

Posting Komentar

My Instagram